UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 1 POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

MOKODONGAN, ENIATY (2021) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 1 POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI Eniaty Mokodongan.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Flashcard di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 poigar Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk menggambarkan peningkatan keterampilan membaca dan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, menggunakan media Flashcard siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tindakan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN 1 Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow. Objek dalam penelitian ini yakni keterampilan membaca dan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mediaflashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Pada langkah prasiklus/ pratindakan ketercapaian siswa dalam ketuntasan belajar adalah 29.16%. Pelaksanaan siklus I 54.16%. dan untuk siklus II 91.66%. Langkah-langkah penggunaan mediaflashcardyang dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis adalah sebagai berikut: 1) memperlihatkan mediaflashcard, 2) siswa menyebutkan simbol/ huruf yang terdapat pada media flashcard yang telah diperlihatkan., 3)peneliti menutup kembali simbol yang terdapat pada media flashcard dan siswa mengamati gambar tersebut, sehingga siswa dapat menyebutkan simbol beserta nama gambar dan siswa dapat menulis serta membaca nama gambar yang disesuaikan dengan gambar yang tertera pada media flashcard. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahap prasiklus/ pratindakan hasil yang diperoleh belum mencapai standar ketuntasan sebelum menggunakan media flashcard, sehingga dilakukan tindakan siklus I. pada siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa tetapi nilai yang diperoleh masih di bawah standar ketuntasan. Sedangkan pada siklus II hasil pengamatan menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kerana hasil yang diperoleh sudah cukup memuaskan sehingga pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dihentikan sampai siklus II. Kata kunci : keterampilan membaca dan menulis, mediaflashcard, kelas II sekolah dasar negeri (SDN).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:31
Last Modified: 27 Nov 2023 02:31
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item