UPAYA GURU DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN LOKAL DI SD NEGERI 1 MOPAIT KECAMATAN LOLAYAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Ahmad, Dwi Jayanti (2021) UPAYA GURU DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN LOKAL DI SD NEGERI 1 MOPAIT KECAMATAN LOLAYAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Respository Dwi Ahmad.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Guru dalam Melestarikan Kebudayaan Lokal di SD Negeri 1 Mopait Kecamatan Lolayan Kabupaten Biolaang Mongondow”. Ada pun pokok permasalahan dari penelitian yang dibahas dalam skripsi ini yaitu bagaimana upaya guru dalam melestarikan kebudayaan lokal di SD Negeri 1 Mopait Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, apa saja kendala dan solusi dalam melestarikan kebudayaan lokal di SD Negeri 1 Mopait Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa yang dilakukan guru dalam melestarikan kebudayaan lokal di SD Negeri 1 Mopait, untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dan solusi dalam melestarikan kebudayaan lokal di SD Negeri 1 Mopait. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif, subjek penelitian ini adalah guru dan pemilik sanggar tarian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Upaya Guru dalam Melestarikan Kebudayaan Lokal di SD Negeri 1 Mopait Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow masih kurang berjalan dengan baik. Tidak adanya guru di bidang kebudayaan lokal menyebabkan para guru mengajarkan sedikit tarian sehingga peserta didik tidak menerima pembelajaran kebudayaan lokal dengan maksimal. Solusi yang dilakukan sekolah dalam menghadapi hal ini yaitu kerja sama dengan sanggar tari yang ada di Desa Mopait yaitu Sanggar Tari Mokosambe sehingga peserta didik yang memiliki bakat di bidang tari belajar langsung di sanggar setiap sore. Kelemahan dalam kerja sama ini yaitu tidak semua peserta didik mengikuti pembelajaran kebudayaan lokal yang ada di sanggar tari Mokosambe. Solusi yang harus dilakukan sekolah, dari pihak sekolah juga harus memantau perkembangan dari peserta didik, absensi dan memberikan penilaian juga harus ada sehingga semua peserta didik bisa turut serta mengikuti pembelajarn kebudayaan lokal tentang tari Bolaang Mongondow di Sanggar Tari Mokosambe. Kata Kunci: Peran Guru, Teori Pendidikan, Kebudayaan Lokal, Tarian Bolaang Mongondow.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:01
Last Modified: 27 Nov 2023 02:01
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item