PEDAGOGI DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID-19 (studi Komparatif Model Pembelajaran pada MAN Model 1 Manado dan SMA Katolik Frater Don Bosco Manado)

MOKODOMPIT, NURUL FAJRIANI (2021) PEDAGOGI DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID-19 (studi Komparatif Model Pembelajaran pada MAN Model 1 Manado dan SMA Katolik Frater Don Bosco Manado). Masters thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Tesis Full Nurul F Mokodompit Revisi Final Distribusi PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu untuk menggali data tentang pengimlementasian pedagogi digital era pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pedagogi digital secara komparatif antara MAN Model 1 Manado dan SMA Frater Don Bosco Manado. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, penyebaran isntrumen penelitian, dokumentasi, dan triangulasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Dari penelitian ini diperoleh penjelasan bahwa pedagogi digital diterapkan di kedua sekolah tersebut dengan memperhatikan regulasi dari pemangku kebijakan pendidikan. Pedagogi digital diterapkan secara daring dengan menggunakan sarana aplikasi digital berupa whatsapp, google clasroom, google meeting, google form, zoom meet, e learning, youtube, dan zenius. Metode yang dilakukan yaitu dengan cara interaktif, ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Penilaian dilakukan dengan cara memperhatikan hasil belajar siswa dan keaktifan pada saat belajar. Problematika penerapan pedagogi digital umumnya terkendala melalui jaringan internet, keadaan lokasi belajar siswa yang terpelosok, terbatasnya kemampuan guru dalam penggunaan tekhnologi, serta ketidakpedulian orangtua terhadap belajar anak di rumah. Solusi yang dibuat yaitu melakukan pemberian kuota kepada siswa, siswa di pelosok bisa pindah ke tempat yang ada akses internetnya, pelatihan kemampuan penggunaan teknologi kepada guru, berkoordinasi dengan orangtua siswa. Sejauh ini penerapan pedagogi digital belum berpengaruh terhadap peningkatan kualitas siswa. Untuk itu selalu dilakukan evaluasi model pembelajaran secara berkala. Kata Kunci: Implementasi, Pedagogi Digital, Komparasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:31
Last Modified: 27 Nov 2023 01:31
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item