PERAN SMK NEGERI 2 KOTAMOBAGU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM (MERESPON MASYARAKAT KOTAMOBAGU YANG CENDERUNG HEDONIS)

AMBA, NOVITA SARI (2021) PERAN SMK NEGERI 2 KOTAMOBAGU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM (MERESPON MASYARAKAT KOTAMOBAGU YANG CENDERUNG HEDONIS). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
NOVITASARI AMBA DISTRIBUSI SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang, “Peran SMK N 2 Kotamobagu Dalam Penggembangan Pendidkan Agama Islam (Merespon Masyarakat Yang Cenderung Hedonis)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui sejauh mana peran SMK N 2 Kotamobagu dalam pengembangan Pendidkan Agama Islam (merespon masyarakat Kotamobagu yang cenderung hedonis) Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan berlokasi di SMK N 2 Kotamobagu. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan filsafat postpositivisme Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK N 2 Kotamobagu dalam hal ini pada mata Pelajaran Agama Islam terus menekan tingkat hedonis pada siswa dengan berbagai upaya yang dilakukan seperti penyiapan bahan ajar yang sesuai dengan zaman, dan lingkungan sekitar dengan melibatkan orang tua siswa dalam menjaga dan mengontrol siswa tersebut. Bahkan guru PAI dan sekolah bekerja sama dalam mengkampanyekan hidup yang hedonis tidak baik dalam kehidupan umat Islam. Usaha guru PAI dalam menegur siswa secara langsung yang berkebiasan hedonis dan memberikan materi yang sesuai dan penguatan untuk meluruskan kebiasaan yang bagaimana seharusnya dibiasakan oleh siswa. Guru merupakan orang tua siswa ketika berada di lingkungan sekolah. Guru dan orang tua harus memberikan contoh dan tauladan yang baik bagi anak-anak. Kata kunci: Peran, Pengembangan Pendidikan Agama Islam, masayarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:00
Last Modified: 24 Nov 2023 07:00
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item View Item