Daeng, Maya Nurdin (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBIASAAN TADARUS AL QUR’AN DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi Maya Nurdin Daeng 1823011.pdf Download (7MB) |
Abstract
Skripsi ini tentang Implementasi Kegiatan Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Peserta Didik di MTs Negeri 2 Kotamobagu, dengan 2 Sub masalah yaitu : 1) Bagaimana Implementasi Kegiatan Pembiasaan Tadarus Al Qur’an dalam membentuk Nilai-nilai Karakter Peserta Didik di MTs Negeri 2 Kotamobagu ? 2) Apa saja dampak positif setelah peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan Tadarus Al Qur’an ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan pembiasaan tadarus Al Qur’an dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik dan dampak positif setelah peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan Tadarus Al Qur’an. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa implementasi kegiatan pembiasaan tadarus Al Qur’an yaitu dilakukan dengan membiasakan peserta didik untuk datang ke sekolah tepat waktu sebelum KBM, proses pelaksanaan kegiatan tadarus dibimbing langsung oleh pembina kegiatan keagamaan, selanjutnya pembacaan surah Al Kahfi dilanjutkan dengan penyampaian oleh kepala madrasah dan diakhiri kultum yang dibawakan oleh perwakilan peserta didik. Nilai-nilai karakter yang terbentuk dari kegaiatan ini ialah nilai religius, disiplin, kerja keras, mandiri. rasa ingin tahu, bersahabat, cinta damai, gemar membaca dan tanggung jawab. Adapun dampak positif dari kegiatan tadarus Al Qur’an ini diataranya: tumbuhnya sikap disiplin dalam diri peserta didik, melatih peserta didik agar terbiasa tampil di depan, meminimalisir terjadinya perkelahian antara peserta didik, menumbuhkan sikap tanggung jawab dan meningkatnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qur’an. Kata Kunci: Implementasi, Tadarus Al Qur’an, Nilai Karakter
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 06:55 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 06:55 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1384 |
Actions (login required)
View Item |