IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DI SMPIT HARAPAN BUNDA MANADO

Agansi, Marwan (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DI SMPIT HARAPAN BUNDA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Marwan _Implementasi Kurikulum SIT di SMPIT Harapan Bunda Manado_.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum menjadi hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan tanpa kurikulum maka lembaga pendidikan akan bingung dengan arah tujuannya, pendidik akan bingung bagaimana proses pembelajarannya dan pasti akan berefek kepada peserta didik yang tak akan mengalami perkembangan. Maka suatau kewajiban bagi lembaga pendidikan untuk menyiapkan kurikulum yang baik agar tujuan pendidikan bisa tercapai. Kurikulum Sekolah Islam Terpadu menjadi salah satu kurikulum yang berkembang dalam dunia pendidikan saat ini. Ciri khas dari Kurikulum Sekolah Islam Terpadu adalah menginternalisasikan nilai-nilai keislaman dalam pelajaran umum, dan kebiasaan sehari-hari. Peneliti mengambil subject penelitian di SMP Islam Terpadu Harapan Bunda Manado yang menggunakan Kurikulum SIT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SMP Islam Terpadu Harapan Bunda Manado. Dalam peneltian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data utama (primer) diperoleh dari obyek penelitian yaitu SMPIT Harapan Bunda Manado dalam bentuk pernyataan dari pihak manajemen sekolah yang terdiri dari Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah , guru pengajar, murid dan orang tua wali murid terkait implementasi kurikulum SIT. Sumber data tambahan (sekunder) diperoleh dari data yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan dalam bentuk dokumen berupa profil sekolah, struktur organisasi, dan implementasi kurikulum yang dijalankan oleh sekolah, kalender pendidikan, dan jadwal pelajaran. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pihak terkait, dokumentasi kurikulum dan bahan implementasi kurikulum serta observasi pelaksanaan proses pembelajaran di SMPIT Harapan Bunda Manado, dan kajian pustaka terhadap buku Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu yang diterbitkan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia. Hasil penelitian ini adalah pelakasanaan program sekolah dengan konsep fullday school dengan menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran, kebiasaan sehari-hari, pembiasaan ibadah, serta peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:38
Last Modified: 24 Nov 2023 06:38
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item