IMPROVING STUDENTS WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT THROUGH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) AT MTs N 2 KOTAMBAGU

Bareng, Intan (2021) IMPROVING STUDENTS WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT THROUGH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) AT MTs N 2 KOTAMBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI A.N. INTAN BARENG (17.2.6.026)-TBI-FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRACT Name : Intan Bareng SRN : 17.2.6.026 Faculty : Tarbiyah and Teacher Training Program Study : English Education Title : Improving Students Writing Skill in Descriptive Tex Through Contextual Teaching and Learning (CTL) at MTs N 2 Kotamobagu Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CT) dalam pembelajaran teks deskriptif pada siswa kelas VIII A MTs Negeri 2 Kotamobagu tahun ajaran 2021/2022, (2) untuk mengetahui peningkatan dalam menulis teks deskriptif pada siswa VIII A MTs Negeri 2 Ko�tamobagu tahun ajaran 2021/2022 setelah menggunakan Contextual Teaching and Learning. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dil�aksanakan di MTs Negeri 2 Kotamobagu pada bulan Juli sampai Agustus 2021. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri 2 Kotamobagu tahun ajaran 2021/2022. Terdiri dari 26 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah: rencana, tindakan, ob�servasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dengan menggunakan catatan lapangan dan observa�si, dan data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan tes. Data tersebut di�analisis dengan menggunakan mean untuk melihat peningkatan pre test dan cycle test dan untuk mendapatkan kesimpulan dari hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkat�kan keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif. Dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning siswa dapat memahami materi yang diajarkan dan bahasa sekaligus. Penerapan CTL dapat membantu keterampilan menulis siswa berdasarkan pengalaman hidupnya dengan bantuan strategi gambar, sehing�ga memudahkan siswa dalam menulis teks deskriptif. Peningkatan keterampilan menulis siswa juga didukung oleh pencapaian nilai ujian siswa. Nilai utama dari pre test adalah 66.15, nilai mean dari post test 1 adalah 71.73, dan nilai mean dari post test 2 adalah 81.11. Artinya post test 1 lebih tinggi dari pre test dan post test 2 lebih tinggi dari post test 1. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis dan mening�katkan motivasi siswa. Kata kunci: Pengajaran menulis, teks deskriptif, pembelajaran kontekstual (CTL

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:00
Last Modified: 24 Nov 2023 07:00
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item