STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BITUNG

Mawaddah, Mawaddah (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BITUNG. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SKRIPSI MAWADDAH 17.4.2.030.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Mawaddah Program Studi : Perbankan Syariah Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Islam Judul : Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Bitung Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Bitung. Tabungan emas merupakan layanan pembelian serta penjualan emas dengan menggunakan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Produk tabungan emas ini pula diluncurkan dengan tujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin membeli emas dengan modal yang seminimal mungkin. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan pada produk tabungan emas, dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan emas di pegadaian syariah cabang bitung. dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk tabungan emas yang dilakukan pegadaian syariah cabang bitung yaitu melalui strategi bauran pemasaran (marketing mix) akan tetapi pegadaian syariah cabang bitung lebih memfokuskan hanya kepada strategi bauran promosi dibandingkan strategi bauran pemasaran lainnya. Strategi bauran promosi tersebut mencakup iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas. Dimana kendala dalam memasarkan produk tabungan emas terdapat dua kendala yaitu faktor yang berasal dari nasabah itu sendiri, dimana mereka kurang memahami produk tabungan emas ini karena mereka berpikir bahwa pegadaian syariah hanya sebagai tempat untuk menggadaikan barang tanpa mereka ketahui adanya produk investasi seperi tabungan emas dan juga untuk dari segi pengatahuan teknologi yang masih kurang sedangkan dengan adanya tekonologi yang saat ini berkembang bisa lebih memudahkan nasabah untuk mengetahui informasi-informasi yang mereka butuhkan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tabungan Emas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Pemasaran

Ekonomi
Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 05:54
Last Modified: 24 Nov 2023 05:54
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item