MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA NABI IBRAHIM ALAIHIS SALAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA

Kadir, Rafika Ningsih (2020) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA NABI IBRAHIM ALAIHIS SALAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Rafika N Kadir.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Rafika Ningsih Kadir NIM : 16.2.3.028 Prodi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul Skripsi :Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga Nabi Ibrahim Alaihis salam dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Skripsi ini mengkaji tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga Nabi Ibrahim dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Pendidikan karakter saat ini telah menjadi fokus utama pemerintah di dunia pendidikan. Hal tersebut di latar belakangi karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat meningkat sehingga mengakibatkan pengaruh negatif kepada anak-anak bangsa saat ini. Pendidikan karakter dalam pendidikan Islam bisa di katakan sebagai pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Islam yang bersumber pada ajaran Islam yang universal (al-Qur‟an dan Hadis). Dalam Islam sendiri ada banyak sekali contoh yang dapat di teladani, salah satunya adalah Nabi Ibrahim, yang merupakan bapak para nabi. Allah telah mengutusnya untuk memperbaiki pendidikan karakter pada umatnya. Beliau merupakan contoh teladan yang baik untuk ummatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tahlili. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu AlQur‟an dan kitab-kitab tafsir, dan data sekundernya yaitu literatur yang berhubungan dengan judul terdiri dari buku-buku yang membahas tentang kisah Nabi Ibrahim dalam AlQur‟an. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, maka penelitian ini berkesimpulan bahwa terdapat lima nilai utama pendidikan karakter di Indonesia, sebagai upaya dalam penguatan pendidikan karakter saat ini, yaitu pertama, religius, kedua, nasionalisme,ketiga, mandiri, keempat, gotong royong, kelima, integritas dan berdasarkan hasil penelitian kelima nilai utama pendidikan karakter tersebut relevan dengan model pendidikan karakter dalam keluarga nabi Ibrahim Alaihis Salam. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kisah Nabi Ibrahim Alaihis Salam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 05:02
Last Modified: 24 Nov 2023 05:02
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item