MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS AN-NUR TONDANO

Yanto, Nur Halissa (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS AN-NUR TONDANO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi lengkap Nur Halissa Yanto-signed (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Halissa Yanto NIM : 15.2.1.007 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bangun Datar Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Peserta Didik Kelas IV MIS An-Nur Tondano Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning pada peserta didik Kelas IV MIS An-Nur Tondano. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 orang terdiri atas 16 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Intsrumen yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran Matematika khususnya materi bangun datar, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tiap siklus. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes yang dilakukan. Peningkatan kemampuan peserta didik pra siklus 28,57% meningkat menjadi 51,42% pada siklus I dan 97,14% pada siklus II. Demikian pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kela IV MIS An-Nur Tondano. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahap pra siklus yang diperoleh belum mencapai standar ketuntasan sebelum menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning, sehingga dilakukan tindakan siklus I. Pada siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar tetapi nilai yang diperoleh masih di bawah standar ketuntasan. Sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh sudah mencapai Kritetia Ketuntasan Minimal (KKM). Karena hasil yang diperoleh cukup memuaskan maka pelaksanaan penelitian PTK dihentikan pada siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:54
Last Modified: 24 Nov 2023 03:54
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item