PERSPEKTIF GURU PAI DAN SISWA TENTANG KESETARAAN GENDER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS XI MIA A SMA N 3 KOTAMOBAGU

Massi, Selvia (2023) PERSPEKTIF GURU PAI DAN SISWA TENTANG KESETARAAN GENDER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS XI MIA A SMA N 3 KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI SELVIA MASSI 35 HLM.docx

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Perspektif Guru PAI dan Siswa tentang Kesetaraan Gender dan Implikasinya terhadap Aktivitas Pembelajaran Siswa di kelas XI MIA A SMA Negeri 3 Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif (pemaparan) dengan mengambil lokasi di SMA Negeri 3 Kotamobagu. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu 1). Perspektif guru PAI tentang kesetaraan gender adalah, Kesetaraan gender merupakan suatu konsep yang perlu dan penting. Mereka berpendapat bahwa antara laki-laki dan perempuan semua sama dan memiliki hak untuk berperan dalam kehidupan bermasyarakat selagi itu tidak bertentangan dengan kodratnya kita sebagai manusia. Kemudian penerapan nilai-nilai kesetaraan gender dilakukan oleh guru melalui pengarahan secara langsung dan melalui materi pelajaran yang mereka berikan. 2). Perspektif siswa kelas XI MIA A SMA Negeri 3 Kotamobagu tentang kesetaraan gender, beberapa siswa memahami konsep kesetaraan gender sebagai sesama manusia, sesama makhluk sosial dan memiliki hak yang sama sedangkan menurut siswa lainnya kesetaraan gender itu tidak ada karena laki-laki dan perempuan sudah berbeda dari segi jenis kelamin, karakter hingga pemikirannya. Selain itu, ada juga siswa yang tidak memahami sama sekali konsep kesetaraan gender tersebut. 3). Implikasi kesetaraan gender terhadap aktivitas pembelajaran siswa di kelas XI MIA A SMA Negeri 3 Kotamobagu terimplementasi dalam tujuan pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran dimana dalam tujuan pembelajaran diharapkan siswa dapat meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan dan menghindari tindak kekerasan yang mana ketiga aspek tujuan pembelajaran tersebut mengandung nilai-nilai kesetaraan gender. Kemudian metode pembelajaran yang digunakan adalah metode kelompok diskusi. Kata Kunci: Kesetaraan Gender, Guru PAI, Aktivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:28
Last Modified: 24 Nov 2023 03:28
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item