PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD AL-KHAIRAAT AIRMADIDI ATAS

Lamasese, Nur Ifnaita (2021) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD AL-KHAIRAAT AIRMADIDI ATAS. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SKRIPSI NUR IFNAITA LAMASESE. PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Ifnaita Lamasese NIM : 17.2.1.014 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul Skripsi : Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD Al-Khairaat Airmadidi Atas Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD Al-Khairaat Airmadidi Atas”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media gambar berseri yang dapat meningkatkan keterampilan menulis dengan penggunaan media gambar berseri siswa kelas V SD Al-Khairaat Airmadidi atas. Penelitian ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi, dan pada setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis dan pengumpulan data. Penelitian menggunakan tes tertulis dilihat dari ketuntasan hasil belajar dan lembar observasi. Dari hasil pengamatan yang diperoleh kondisi kelas yang diteliti sebelum diberikan tindakan dengan penerapan media gambar berseri yaitu dalam keterampilan menulis siswa kelas V SD Al-Khairaat Manado itu masih rendah. Hal ini disebabkan oleh guru kelas tersebut, karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan tradisional yang membuat siswa menjadi pasif dan monoton tanpa adanya timbal balik yaitu dengan penggunaan metode ceramah. Pada hasil penelitian pratindakan terlihat siswa yang mencapai kriteria belajar dengan nilai rata-rata 56,36, dengan jumlah nilai 620 dengan presentasi atau ketuntasan belajar hanya 45%, maka hasil ini masih dikategorikan rendah. Setelah diterapkannya penerapan media gambar berseri, terdapat peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata kriteria belajar dengan nilai rata-rata 74,09 dan presentasi belajar sebesar 63% kemudian presentasi tersebut meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 86,81 dan presentasi belajar sebesar 81%. Pada siklus I hasil Observasi mencapai rata-rata 2,72 dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 3,59. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Al-Khairaat Airmadidi Atas. Kata Kunci : Gambar Berseri, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:02
Last Modified: 24 Nov 2023 02:02
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item