PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII di MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAMOBAGU

Mokoagow, Santrilah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII di MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
Skripsi Santrilah Mokoagow.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran menggunakan Sparkol VideoScribe pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 2 Kotamobagu dan mengetahui kelayakannya serta respon guru dan siswa terhadap penggunaannya di dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang, dan 1 guru mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 2 Kotamobagu. Teknik pengumpulan data menggunakan dan wawancara. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari penyebaran angket, dan data kualitatif berupa respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Sparkol VideoScribe pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 2 Kotamobagu. Media pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut dianggap layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi standar kriteria kualitas media dengan hasil validasi dari ahli media sebesar 73,25% dengan kategori layak, dan 84,05% oleh ahli materi dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon guru terhadap uji coba media pembelajaran dengan presentase nilai sebesar 81% dan respon dari 10 siswa dengan presentase nilai sebesar 85,7% yang tergolong kategori sangat baik. Adapun hasil wawancara dengan 5 siswa, menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media lebih bagus dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media, sebab materi yang disajikan menjadi lebih jelas. Jadi, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaranyang dikembangkan menggunakan Sparkol VideoScribe pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 2 Kotamobagu layak digunakan dalam proses pembelajaran dan disarankan agar guru dapat menggunakan Sparkol VideoScribe dalam mendesain media pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Sparkol VideoScribe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 20 Mar 2021 23:59
Last Modified: 20 Mar 2021 23:59
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item