PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA

Jeumpa, Meuthia Ratna (2022) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI - MEUTHIA RATNA JEUMPA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan penulis terhadap pentingnya pendidikan Islam dalam membentuk pendidikan karakter terhadap pendidik dan peserta didik. Sehingga, penulis tertarik untuk membahas Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali dan dikaitkan dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia. Beliau merupakan guru besar (professor) pada tahun 844 H/ 1091 M di Perguruan Tinggi Nizamiyah yang berada di Kota Baghdad. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan buku-buku, jurnal, skripsi, atrikel dari internet. Adapun teknik analisis data menggunkan content analysis (analisis isi). Berdasarkan penelitian, Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali mencakup : (1) Landasan pendidikan Islam yaitu Al-Qur’an dan Hadits. (2) Tujuan pendidikan Islam yaitu pendekatan diri kepada Allah SWT. hanya setelah memperoleh ilmu pengetahuan. (3) Metode pendidikan Islam yaitu : Metode Khusus Pendidikan Agama dan Metode Khusus Pendidikan Akhlak. (4) Aspek pendidikan Islam mencakup : Pendidikan Keimanan, Pendidikan Akhlak, Pendidikan Akliah, Pendidikan Sosial, Pendidikan Jasmaniah. Adanya konsep pendidikan Islam, relevan dengan pendidikan karakter di Indonesia. Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3, Gerakan PPK menempatkan nilai karakter sebagai dimensi terdalam pendidikan yang membudayakan dan meradabkan para pelaku pendidikan. Ada lima nilai karakter yang saling berkaitan yaitu Nilai Karakter Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Hal ini dapat tercapai dengan adanya penerapan pendidikan karakter, sebagai inti dari ajaran Islam. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter, Imam Al-Ghazali

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:43
Last Modified: 23 Nov 2023 06:43
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item