PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IVMIS AN NUR TONDANO KABUPATEN MINAHASA

Palaki, Masita (2019) PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IVMIS AN NUR TONDANO KABUPATEN MINAHASA. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
Skripsi Lengkap Masita Palaki.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Masita Palaki NIM : 15.2.1.045 JudulSkripsi : Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MIS An Nur Tondano Kabupaten minahasa. Skripsi ini berjudul Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MIS An Nur Tondano Kabupaten minahasa Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIS An Nur Tondano.Dengan demikian dalam penelitian ini peneliti membatasi permasalahan yang mencakup tentang penggunaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS An Nr Tondano. Penelitian ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap tahun akademik 2018-2019 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan di MIS An Nur tondano.penelitian ini dilakukan dilakukan dalam dua siklusyang terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi/Pengamatan, danRefleksi. Dari hasil pengamatan diperoleh kondisi kelas yang akan ditelitisebelum diberikan suatu tindakan dengan penggunaan metode tutor sebaya yaitu hasil belajar siswa di MIS An Nur Tondano semester 2 tahun ajaran 2018-2019 khususnya pada mata pelajaran SKI masih rendah atau dapat dkatakan hasil belajar siswa masih kurang.Hal ini disebabkan karena guru kelas tersebut dalam proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan tradisional yang membuat siswa menjadi pasifdan monoton tanpa adanya timbale balik yaitu dengan menggunakan metode ceramah.Pada hasil penelitian pra siklus terlihat siswa yang mencapai criteria belajar dengan nilai rata-rata 55,dengan jumlah nilai 940 dengan presentasi atau ketuntasan belajar hanya 29% maka hasil ini masih pada kategori rendah.setelah diterapkan metode tutor sebaya dalam mata pelajaran SKI,terdapat peningkatan pada setiap siklusnya,pada siklus I rata-rata criteria belajar dengan nilai rata-rata 70,dengan presentasi belajar sebesar 58.82% kemudian presentasi belajar tersebut meningkaat pada siklus II yaitu rata-rata 83.17 dan presntasi belajar sebesar 88%.Pada siklus Ihasil observasi mencapai rata- rata 3.0 dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 3.5 .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran SKI di MIS An Nur Tondano. Kata kunci : Metode Tutor Sebaya dan Hasil Belajar siswa,Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:38
Last Modified: 23 Nov 2023 06:38
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item