STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN PERGAULAN ANTAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TUTUYAN

Tuino, Rusmala Dwie Hapsari (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN PERGAULAN ANTAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TUTUYAN. Other thesis, IAIN Manado.

[img] Text
Skripsi - Rusmala D.H. Tuino.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Rusmala Dwie Hapsari Tuino NIM : 15.2.3.015 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan : Pendidikan Agama Islam Judul : Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Pergaulan Antar Siswa Di SMA Negeri 1 Tutuyan Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru PAI dalam pembinaan pergaulan antar siswa Di SMA Negeri 1 Tutuyan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam melakukan pembinaan pergaulan antar siswa, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pembinaan pergaulan antar siswa di SMA Negeri 1 Tutuyan. Rumusan tersebut bertujuan untuk mengetahui, strategi guru PAI dalam melakukan pembinaan pergaulan antar siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pembinaan pergaulan antar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tutuyan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2019. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa SMA Negeri 1 Tutuyan. Informan adalah kepala sekolah dan guru PAI. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, selanjutnya dianalisis dengan metode interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi guru PAI dalam melakukan pembinaan pergaulan antar siswa adalah: a) melakukan pendekatan langsung dengan siswa yang bermasalah; b) meningkatkan pembinaan moral dan membimbing; c) menjalin kerja sama denga orang tua siswa; d) mengadakan kegiatan keagamaan di sekolah. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pembinaan pergaulan antar siswa adalah: (faktor pendukung): a) faktor keluarga; b) lingkungan masyarakat; c) lingkungan sekolah. (faktor penghambat): a) gaya hidup remaja, b) semakin berkembangnya internet, c) pengaruh teman sebaya d) waktu yang tidak cukup untuk membina siswa di sekolah. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembinaan, Pergaulan Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:27
Last Modified: 23 Nov 2023 06:27
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item