INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH MANADO

AKUBA, RIFKA APRILIA (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Rifka Aprilia Akuba (Skripsi Full)-compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Rifka Aprilia Akuba NIM : 18.2.3.013 Judul Skripsi : “Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Manado” Penelitian ini membahas tentang Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Manado. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui upaya guru menanamkan nilai- nilai toleransi melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Manado. (2) Mengetahui dampak mempelajari mata pelajaran Kemuhammadiyahan dalam bertoleransi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jenis dan sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumntasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi yaitu dengan memberikan pemahaman kepada siswa untuk bersikap toleran, menasihati siswa untuk bersikap baik dan toleran, dan memberikan praktik atau contoh dalam menyikapi perbedaan. Dampak mempelajari mata pelajaran Kemuhammadiyahan dalam bertoleransi yaitu dapat menghargai dan menghormati setiap perbedaan, dapat menguatkan tali persaudaraan, dan dapat menghindari terjadinya konflik. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai, Toleransi, Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:16
Last Modified: 23 Nov 2023 06:16
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item