EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI MTs AL-FAJAR NGALIPAENG

Munde, Diana (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI MTs AL-FAJAR NGALIPAENG. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
skripsi (Diana Munde).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Diana Munde NIM : 15.2.2.013 Jurusan : Pendidikan Bahasa Arab Judul : Efektivitas Pembelajaran Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Suggestopedia Di MTs Al-Fajar Ngalipaeng Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui kemahiran berbicara bahasa Arab siswa di MTs Al-Fajar Ngalipaeng. Pokok permasalahan adalah bagaimana penerapan metode suggestopedia dalam proses pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa di MTs Al-Fajar Ngalipaeng, serta bagaimana efektivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab dengan menggunakan metode suggestopedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi yang lengkap dan realitas mengenai efektivitas pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab dengan menggunakan metode suggestopedia di MTs Al-Fajar Ngalipaeng. Adapun jenis penelitian yang dipakai adalah kuantitatif eksperimen. Metode eksperimen adalah metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh veriabel independen (treatment/perlakuan) terhadap variabel dependen (hasil) dalam kondisi yang terkendalikan. Penelitian eksperimen menggunakan penelitian True Experimental Design, dengan bentuk two group posttest only design. Karena dalam desain ini, peneliti mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi semua jalannya eksperimen. Apakah siswa dapat menguasai materi dengan baik setelah mengikuti pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa dengan menggunakan metode Suggestopedia. Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap metode Suggestopedia dalam pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa di MTs Al-Fajar Ngalipaeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpengaruh besar pada penggunaan metode suggestopedia terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini didasarkan pada uji normalitas data yaitu X 2 h > X 2 t, maka datanya berdistribusi normal. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan Efektif terdapat pengaruh pada keterampilan berbicara bahasa Arab di MTs Al-Fajar Ngalipaeng. Kata Kunci : Kemahiran berbicara, Suggestopedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:31
Last Modified: 23 Nov 2023 03:31
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item