KOMPETENSI GURU DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 7 MANADO

SHOLEHUDIN, AZIS (2022) KOMPETENSI GURU DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 7 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Azis Sholehudin NIM : 17.2.3.057 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Judul : Kompetensi Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di SMA Negeri 7 Manado Penelitian ini membahas tentang kompetensi guru dalam membangun moderasi beragama di SMA Negeri 7 Manado. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru dalam membangun moderasi beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru mengenai moderasi beragama dan langkah-langkah guru dalam membangun moderasi beragama serta tantangan yang dihadapi oleh guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data dengan melihat dan mengamati secara langsung lingkungan sekolah dan melakukan wawancara kepada para narasumber terkait. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Pendidikan Agama Kristen, dan Guru Pendidikan Agama Katolik. Ditambah dengan 5 peserta didik dari setiap Agama Islam, Kristen, dan Katolik serta Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Manado. Teknik dalam menganalisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan menuliskan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, (1) Kompetensi yang dimiliki oleh guru PAI mengenai moderasi beragama sudah baik. Hal ini dapat terlihat dari pemahaman guru mengenai moderasi beragama dan pemberian ppemahaman kepada peserta didik melalui kompetensi pedagogiknya. (2) Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru PAI dalam membangun moderasi beragama di sekolah adalah dengan metode pembelajaran kelas, metode keteladanan, dan metode pembiasaan. (3) Moderasi beragama di lingkungan sekolah masih terdapat tantangan yaitu kurangnya fasilitas musala yang tidak mampu untuk menampung seluruh jumlah peserta didik dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di sekolah, sehingga harus meminjam tempat atau kelas agar dapat melaksanakan kegiatan keagamaan secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:20
Last Modified: 23 Nov 2023 02:20
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item