Jafar, Mardiyanti (2021) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN FIKIH PADA IBU-IBU MAJELIS TAKLIM IRSYADUL IBAAD LINGKUNGAN V KELURAHAN BAILANG KOTA MANADO. Diploma thesis, IAIN Manado.
Text
MARDIYANTI JAFAR.pdf Download (10MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang kontribusi pembelajaran fikih pada ibu-ibu majelis taklim Irsyadul Ibaad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara majelis taklim Irsyadul Ibaad dalam meningkatkan pembelajaran fikih pada ibu-ibu, selanjutnya kontribusi pembelajaran fikih pada ibu-ibu majelis taklim Irsyadul ibaad dan tantangan yang dihadapi oleh ibu-ibu dalam pembelajaran fikih. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif serta pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, cara majelis taklim Irsyadul Ibaad dalam meningkatkan pembelajaran fikih pada ibu-ibu adalah melalui keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi SIAM, diantaranya kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan tahunan, mereka memperoleh pengetahuan seperti dalam pembelajaran fikih ibadah. Hal ini ditunjukkan dengan pemahaman dan penerapan oleh ibu-ibu terhadap materi-materi yang telah dijelaskan. Adapun kontribusi pembelajaran fikih pada ibu-ibu majelis taklim Irsyadul Ibaad adalah adanya dukungan dari beberapa unsur seperti guru pembina sebagai fasilitator selama pembelajaran, penggunaan metode seperti ceramah, praktek dan tanya jawab, media dan penyampaian materi berdasarkan sumber-sumber seperti buku materi pembelajaran SIAM jilid I dan Ensiklopedi Shalat. Hal ini membuat ibu-ibu yang sebelumnya kurang memahami tata cara berwudhu dan bertayamum, ketika dijelaskan oleh guru menjadi paham. Selanjutnya dalam pembelajaran fikih, tantangan yang dihadapi oleh ibu�ibu terbagi atas dua yaitu dari segi kehadiran ibu-ibu dan dari segi lingkungan. Dari segi kehadiran, ibu-ibu tidak bisa hadir dalam beberapa pertemuan karena memiliki tanggung jawab mengurus rumah tangga sehingga berpengaruh terhadap pemahaman mereka pada materi pelajaran, namun di sisi lain, guru pembina (baik ustadz maupun ustadzah) sering membawakan materi yang sama pada beberapa pertemuan sehingga ibu-ibu dapat dengan mudah memperoleh materi tersebut walaupun tidak bisa hadir saat pembelajaran. Tantangan kedua yaitu dari segi lingkungan seperti lokasi masjid yang ramai dilalui kendaraan mobil dan sepeda motor. Selanjutnya masih ada ibu-ibu yang bercerita pada saat guru menyampaikan materi fikih, hal ini mengganggu konsentrasi ibu-ibu lain saat menerima materi tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran Fikih, Majelis Taklim
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | study Keagamaan > Studi Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Mar 2021 23:59 |
Last Modified: | 20 Mar 2021 23:59 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/123 |
Actions (login required)
View Item |