ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB DALAM MAHARAH QIRA’AH PADA MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MANADO

Malanuwa, Sri Pewan (2020) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB DALAM MAHARAH QIRA’AH PADA MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MANADO. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SKRIPSI SRI PEWAN MALANUA.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Sri Pewan Malanuwa NIM : 15.2.2.010 Program Studi : Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Judul : Analisis Kesalahan Bahasa Arab Dalam Maharah Qira’ah Pada Mahasiswa di IAIN Manado. Skripsi ini membahas tentang “Analisis Kesalahan Bahasa Arab dalam Maharah Qira’ah pada Mahasiswa di IAIN Manado”. Alasan peneliti mengangkat judul ini karena ingin mengetahui bagaimana Kesalahan Bahasa Arab dalam Maharah Qira’ah pada Mahasiswa di IAIN Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Arab dalam bidang maharah qira’ah pada mahasiswa alumni pondok pesantren di Institut Agama Islam Negeri Manado dan untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan dalam membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan secara simultan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan secara bersamaan. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa Arab dalam maharah qira’ah pada mahasiswa di IAIN Manado terbagi 2 yaitu: kesalahan dalam bentuk nahwiyyah (tata bahasa) dan kesalahan dalam bentuk shorfiyyah (pembentukan kata). Yang masing-masing dapat diukur dari tinggi dan rendahnya kesalahan itu. Tinggi artinya baik kesalahan dalam nahwu atau shorof pada tempat i’rob membutuhkan pemikiran yang lebih kompleks, sedangkan rendah artinya pada tempat i’rob membutuhkan pemikiran yang lebih sederhana. Sebab-sebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam maharah qira’ah meliputi 4 hal yaitu, ketidakmampuan mahasiswa menjelaskan dengan benar alasan bacaan mereka, tidak memahami arti dari bacaan secara pasti, tidak dapat menentukan hukum i’rob dari bacaan mereka dan tidak dapat menjelaskan dengan benar hukum i’rob dari setiap kata yang dibacanya. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Berbahasa, Maharah Qira’ah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:30
Last Modified: 23 Nov 2023 01:30
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item