PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LINGKUNGAN BERBAHASA DI PONDOK PESANTREN AL-FALAH GORONTALO

Mokoginta, Siti Mustika Vevi (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LINGKUNGAN BERBAHASA DI PONDOK PESANTREN AL-FALAH GORONTALO. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SKRIPSI VEVI-dikonversi.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Mustika Vevi Mokoginta, 2020, Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Lingkungan Berbahasa Di Pondok Pesantren Al-Falah Gorontalo.Pembimbing : 1). Misbahuddin,M.Th.I, 2). Zainuddin Soga, S.S, M.Pd.I Kata Kunci : Pembelajaran bahasa Arab, Lingkungan berbahasa. Skripsi ini dilatar belakangi dari pengamatan penulis di Pondok Pesantren Al- Falah Gorontalo yaitu terbentuknya lingkungan berbahasa Arab, dimana para santri ketika berbahasa tidak lagi menggunakan bahasa indonesia maupun bahasa daerah tetapi mereka menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran bahasa Arab berbasis lingkungan berbahasa di Pondok Pesantren Al-Falah Gorontalo, dan apa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis lingkungan berbahasa di Pondok Pesantren Al-Falah Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data di lapangan data tersebut selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil temuan Peneliti ini adalah Pondok Pesantren Al-Falah Gorontalo menerapkan strategi pembelajaran bahasa Arab yang aktif kepada santri yaitu dengan selalu memberikan kosa kata untuk mereka hafalkan dan dipraktikkan dikehidupan sehari-hari.Metode yang dipakai yaitu metode mubasyarah (Langsung) kepada santri dan materi utama yang diterapkan yaitu materi muhadasah (percakapan) yaitu santri diberikan kosa kata bahasa Arab oleh guru bahasa Arab ataupun asaatidz dan harus dipraktikan langsung dalam proses pembelajaran baik di lingkuangan formal ataupun lingkungan non formal. Media yang digunakan yaitu buku saku yang berisi kosa kata bahasa Arab yang selalu menjadi pegangan santri kemanapun mereka pergi, Buku Ajar pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013, Media yang di gunakan adalah spidol,papan tulis, dan evaluasi formal mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, adanya penilaian terstruktur seperti tugas-tugas di kelas maupun di luar kelas, menghafal kosakata bahasa Arab, mengajak bercakap-cakap, dan adanya tes lisan maupun tulisan. kemudian lingkungan berbahasa di Pondok Pesantren Al-Falah mereka mewajibkan pembiasaan mulai dari bangun pagi sampai tidur malam santri harus menggunakan bahasa Arab dalam beraktivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2023 11:59
Last Modified: 22 Nov 2023 11:59
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item