Mawardi, Satrio Abimanyu (2022) IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QU’AN DI RUMAH QUR’AN PEMUDA PEDULI MASJID KOTA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi Satrio Abimanyu Mawardi 17.2.037.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Implementasi Metode Usmani dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Pemuda Peduli Masjid Kota Manado” adapun pokok permasalahan yaitu bagaimana penerapan metode Usmani dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Pemuda Peduli Masjid Kota Manado, apakah metode Usmani ini telah diterapkan dengan baik sesuai petunjuk dan bagaimana cara guru Rumah Qur’an Pemuda Peduli Masjid melakukan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Metode Usmani di Rumah Qur’an Pemuda Peduli Masjid kota Manado, kemudian juga untuk mengetahui bagaimana cara mengevaluasi pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Usmani. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu terbagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoritis yaitu penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an yang lebih tepat dan efektif. Selanjutnya manfaat praktisnya yaitu diharapkan penelitian ini dapat menjadi sarana untuk memperdalam dan memperluas wawasan pengetahuan tentang implementasi metode pembelajaran Al-Qur’an khususnya dengan metode Usmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, penerapan metode usmani di Rumah Qur’an dengan melakukan persiapan yang sesuai dengan panduan yang disediakan Pemuda Peduli Masjid Manado, prinsip penerapan pembelajaran membaca al-Qur’an sesuai dengan metode usmani, pengajar Rumah Qur’an menguasai materi-materi ajar apalagi ilmu tajwid, dalam pelaksanaan pengajar akan membuat murid secara aktif untuk membaca al-Qur’an bukan difokuskan kepada membaca bersama (klasikal). Kedua, cara mengevaluasi bacaan al-Qur’an para murid dengan mentashih (mengoreksi/kebenaran) yang dilakukan secara mandiri tanpa melibatkan kantor pusat Metode Usmani. Kata Kunci: implementasi, metode usmani, membaca al-qur’an, pemuda peduli masjid
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 07:31 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:31 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1192 |
Actions (login required)
View Item |