IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTAMOBAGU KECAMATAN KOTAMOBAGU SELATAN

Mokodompit, Lora (2022) IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTAMOBAGU KECAMATAN KOTAMOBAGU SELATAN. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI LORA MOKODOMPIT (1824054).pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Fungsi Manajemen Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kotamobagu ditinjau dari perencanaan, serta untuk mengetahui kendala implementasi fungsi manajemen bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah negeri 1 Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini informan yang diambil adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Guru Bimbingan dan Konseling, Guru Wali Kelas dan Guru Piket. Instrumen dalam penelitian ini dibantu oleh handphone, buku catatan dan pena. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penyajian data, reduksi data dan penyajian kesimpulan. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian bahwa : Implementasi fungsi manajemen bimbingan dan konseling di MAN 1 Kotamobagu dapat berjalan dengan baik dengan menerapkan 4 tahapan yaitu. (a) Planning (Perencanaan) Guru bimbingan dan konseling melaksanakan perencanaan / penyusunan program bimbingan dan konseling dengan kebutuhan siswa dan melaksanakan angket kebutuhan siswa. (b) Organizing (Pengorganisasian) Guru bimingan dan konseling melaksanakan pengorganisasian meliputi pembagian petugas membimbing yang bisa membantu kepada guru bimbingan dan konseling, dan dalam pengorgaisasian BK memiliki organisasi PIK-R (Pusat Informasi dan Konsling Remaja). Kemudian (c) Actuating (Penggerakan) ini yang berhubungan langsung dengan kegiatan untuk memotivasi setiap peserta didik dalam melakukan pengembangan diri. Dalam hal ini tentunya guru Bimbingan dan Konseling merangsang para guru dan juga personel sekolah lainnya untuk dapat melaksanakan beragam tugas dengan antusiasme tinggi. (d) Controlling (Pengawasan), Pengawasan yang dilakukan adalah mengenai ketercapaian program layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh kepala Madrasah. Kemudian kendalanya yaitu masalah kepada peserta didik baik permasalahan kepada peserta didik yang bermasalah maupun kepada peserta didik yang berprestasi, kurangnya guru bimbingan dan konseling, kemudian pelaksanaan layanan biasanya 1 bulan sekali itu pun apabila ada, dan dimadrasah ini jadwal bimingan dan konseling tidak ada itu pun menjadi kendala. Kemudian adapun kendala kurangnya koordinasi dengan baik anatara pihak-pihak madrasah dan guru pembimbing. Kata Kunci : Implementasi, Fungsi Manajemen, Bimbingan dan Konseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:32
Last Modified: 22 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item