PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR COKROAMINOTO KOTAMOBAGU

Usman Ruru, Nur Intan Rahmatia (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR COKROAMINOTO KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI NUR INTAN RAHMATIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kisah Malin Kundang Kelas V Di SD Cokroaminoto Kotamobagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch), berbasis kualitatif. Bagi keseluruhan bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Metode role playing adalah metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) didunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Artinya, melalui bermain peran siswa belajar menggunakan konsep peran, menyadari adanya peran-peran yang berbeda dan memikirkan perilaku dirinya dan perilaku orang lain Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD cokroaminoto poyowa besar satu?”. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah menerapkan Metode Role Playing Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kisah Malin Kundang kelas V melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang terdapat dalam RPP. Tahap pelaksanaan yang dilakukan guru meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberi motivasi, memusatkan perhatian dan pembiasaan sebelum pembelajaran. kegiatan inti guru mengimplementasikan metode role playing melalui langkah-langkah dari role playing tersebut. Kegiatan akhir, guru memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran. tahap evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes lisan dan tulisan. Kata Kunci: Metode Role Playing Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Aspek Malin Kundang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 20 Mar 2021 23:59
Last Modified: 20 Mar 2021 23:59
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item