PERAN GURU MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH ABNAUL HUBBUL KHAIRAAT DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI KAMPUNG ARAB KELURAHAN ISTIQLAL MANADO

Priyanto, Luluk Misanti (2020) PERAN GURU MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH ABNAUL HUBBUL KHAIRAAT DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI KAMPUNG ARAB KELURAHAN ISTIQLAL MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI Luluk Misanti Priyanto Lengkap Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana peran guru madrasah diniyah awwaliyah abnaul hubbul khairaat dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik (2) apa saja hambatan yang dihadapi guru dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik dan bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang diarahkan pada latar dan individu secara utuh dan juga sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata dan bukan angka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data dengan mengamati objek penelitian secara langsung dan melakukan wawancara kepada pihakpihak yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya, dilakukan pengecekan keabsahan data dengan melakukan dua cara yakni, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru madrasah diniyah awwaliyah abnaul hubbul khairaat dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di Kampung Arab, yaitu : a. Guru sebagai teladan. b. Guru sebagai penasehat. c. Guru sebagai Motivator. (2) Hambatan yang dihadapi guru dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di Madrasah Diniyah Awwaliyah Abnaul Hubbul Khairaat, yaitu : a. Keluarga dan lingkungan masyarakat. b. Perilaku peserta didik. c. Ketidakhadiran. Adapun solusinya yaitu, a. Guru bekerja sama dengan orangtua dan lingkungan masyarakat b. Guru memberikan nasehat dan perhatian kepada peserta didik c. Guru mengubah strategi pembelajaran agar menarik minat belajar peserta didik. Kata kunci : Peran Guru, Akhlakul Karimah, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: study Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:56
Last Modified: 01 Mar 2021 01:56
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item