NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI KIYAI MODJO DI KAMPUNG JAWA TONDANO

Arbie, Khayrunnisa (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI KIYAI MODJO DI KAMPUNG JAWA TONDANO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Khayrunnisa Arbie New.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kiyai Modjo di Kampung Jawa Tondano. Awal mula agama Islam tersebar di tanah Minahasa tak lepas dari peristiwa Perang Jawa 1823-1830, yang berujung pada pengasingan ulama terkenal pada masa itu yang bernama Kyai Muslim Muhammad Chalifah yang lebih dikenal dengan Kyai Modjo. Dari pengasingan tersebut Islam mulai tersebar di tanah Minahasa sehingga terciptalah suku baru yang bernama suku Jawa Tondano atau biasa disebut suku Jaton. Suku ini adalah perpaduan dua suku yaitu Suku Jawa yang dibawa oleh Kiyai Modjo dan Rombongannya dan suku asli masyarakat pada saat itu yakni suku Minahasa. Pendidikan Islam di Minahasa boleh dikatakan sebagai pendidikan yang unik, sebab Pendidikan Islam yang tersebar di Minahasa kerap menggunakan tradisi yang ada pada masyarakat Jawa dan masyarakat Minahasa.Perpaduan dua tradisi inilah yang digunakan sebagai media penyampaian pesan pada masyarakat kala itu yang hal ini barangkali sama sekali berbeda jika kita lihat bagaimana Islam di Makkah. Oleh karena itu tidak heran jika keberlangsungan tradisi yang diwariskan oleh Kiyai Modjo dan rombongannya masih dilestarikan hingga saat ini. Hal ini tentunya tidak terlepas dari nilai-nilai yang terkadung dalam setiap ritual tradisi keagamaan yang ditinggalkan oleh Kiyai Modjo dan rombongannya. Pada umumnya nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi ini meliputi maslah keimanan dan masalah sosial atau Hablumminallah dan Hablumminannas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian etnografi dengan metode penelitian kualitatif deskrpif dengan pendekatan emik. Penelitian ini dilakukan di Kel. Kampung Jawa Tondano, Kec. Tondano Utara, Kab. Minahasa. Peneliti menggunakan data berupa hasil wawancara secara langsung kepada narasumber yang terdiri tokoh adat dan tokoh agama yang berada di Kampung Jawa Tondano selain itu juga peneliti menggunakan studi dokumentasi yaitu mengumpulkan datadata yang ada melalui dokumen-dokumen maupun peninggalan sejarah yang ada di Kampung Jawa Tondano. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah lima narasumber yang berasal dari kalangan tokoh adat dan lima narasumber yang berasal dari kalangan tokoh agama. Berdasarkan hasil penelitian ternyata budaya yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang diwariskan Kiyai Modjo masih terjaga sampai saat ini. Bahkan proses mu’amalah pun antara umat Islam dan Kriten di Minahasa masih terjalin dengan baik. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Tradisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: study Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:56
Last Modified: 01 Mar 2021 01:56
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item