PENERAPAN METODE TAHFIDZ DALAM MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH AL-KHAIRAAT BITUNG

JUPRI, JUPRI (2020) PENERAPAN METODE TAHFIDZ DALAM MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH AL-KHAIRAAT BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Jupri.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode tahfidz pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-khairaat Bitung, (2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode tahfidz dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-khairaat Bitung. Adapun tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui pelaksanaan metode tahfidz untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-khairaat Bitung. Serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat. Selain itu untuk mengetahui hasil yang dicapai dengan terlaksananya penerapan metode tahfidz tersebut. Ada beberapa metode menghafal Al-Quran yang bisa dipakai oleh para penghafal Al-Quran khususnya bagi peserta didik yang memilih metode menghafal yaitu : (1) Metode (Thariqah) Wahdah, (2) Metode (Thariqah) Kitabah, (3) Metode (Thariqah) Sima’i,(4) Metode (Thariqah) Gabungan, (5) Metode (Thariqah) Jama’i. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dimana penelitian kualitatif tersebut bersifat pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui dua tahapan, yaitu: display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) Proses pembelajaran yang diberikan guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Khairaat Bitung pada dasarnya menggunakan metode tahfidz hal ini diharapkan agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, karena pelajaran yang berkaitan dengan ayat-ayat telah di hafal oleh peserta didik dengan diterapkan metode tersebut. (2) Faktor yang mendukung penerapan metode tahfidz. Banyaknya ayat yang terdapat pada matapelajaran Al-Qur’an Hadits, sehinggah peserta didik lebih condong memilih metode tahfidz untuk diterapkan pada mata pelajaran tersebut, agar lebih mudah untuk dipahami. Selain itu faktor yang menghambat penerapan metode tahfidz sebagai berikut. Peserta didik sulit untuk berkonsentrasi, Mudah lupa dan sering keliru ketika ada ayat yang panjang dan memiliki lafadz yang hampir sama. Kata Kunci: Metode Tahfidz, Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: study Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:56
Last Modified: 01 Mar 2021 01:56
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item