PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS IV DAN V MI AL KHAIRAAT KAMPUNG JAWA TONDANO KABUPATEN MINAHASA

Kurwati, Kurwati (2019) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS IV DAN V MI AL KHAIRAAT KAMPUNG JAWA TONDANO KABUPATEN MINAHASA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
skripsi fixx Kurwati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alasan mendasar bagi penulis mengusung judul ini karena melihat proses pembelajaran yang diberlakukan di sekolah-sekolah adalah pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan belum menerapkan model, strategi ataupun media pembelajaran yang maksimal dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media belajar dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV dan Kelas V MI Al Khairaat Kampung Jawa Tondano; (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Lembar kerja Siswa (LKS) dalam proses pembelajaran; (3) Mengetahui hambatan-hambatan dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS); Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Deskripsi penelitian adalah peneliti mengamati secara langsung kegiatan pembelajaran di Madrasah dan mendeskripsikannya. Berdasarkan teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah membuka proses pembelajaran dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran siswa atau peserta didik. Hal kedua yang adalah memberikan materi belajar kepada siswa kemudian memberikan appersepsi dengan cara: mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik pada materi/tema/sebelumnya, mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan, dan tahap ketiga dilakukan evaluasi kepada peserta didik baik secara lisan ataupun tulisan. Dan diakhir pembelajaran membahas bersama soal-soal yang menjadi bahan evaluasi dan kegiatan terakhir adalah menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kata Kunci: Penggunaan LKS, Hasil Belajar, Pembelajaran SKI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:56
Last Modified: 01 Mar 2021 01:56
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item