MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI STIE PETRA BITUNG

Masira, Zulvikri Dimas (2023) MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI STIE PETRA BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
ZULVIKRI MASIRA - MODEL PEMBELAJARAN PAI DI STIE PETRA BITUNG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang model pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam di STIE Petra Bitung. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di STIE Petra Bitung, serta apa kendala yang dihadapi pada model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi serta menggunakan instrumen wawancara dan instrumen dokumentasi. Sumber data didapatkan dari data primer dan sekunder dalam teknik pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan verifikasi. Kemudian untuk penguji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Perkuliahan di STIE Petra Bitung model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan kepada para mahasiswa oleh dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Agama Islam masih monoton dengan model yang biasa yaitu small group discussion dan metode ceramah. Namun dari aspek penyesuaian dari model pembelajaran terhadap bab materi yang menuntut adanya praktek juga telah dilakukan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Akan tetapi hal itu dilakukan karena perkuliahan hanya dilakukan secara daring sehingga dosen hanya menggunakan model pembelajaran small group discussion dan metode ceramah saja. Adapaun kendala yang diperoleh dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam di STIE Petra Bitung adalah tidak hanya menyngkut aspek yang berasal dari mahasiswa seperti tingkat minat belajar dan kedisiplinan mahasiswa yang kurang mumpuni dalam pembelajaran namun aspek dosen juga menjadi kendala dari proses pembelajaran termasuk model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu sarana penunjang dari dalam menggunakan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga hampir tidak sepenuhnya tersedia sehingga tidak memungkinkan secara utuh untuk menerapkan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di STIE Petra Bitung. Solusi yang diharapkan mahasiswa agar pembelajaran kembali dilakukan secara tatap muka karena lebih muda berkomunikasi dan agar perkuliahan bisa lebih bervariasi tidak hanya pada model diskusi dan ceramah saja. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:04
Last Modified: 21 Nov 2023 06:15
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item