Ambo Baba, Mastang and Kaharuddin, nikmala N (2023) PENGARUH KEGIATAN ROHIS TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi Andini Salsabila Ngabito (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap terutama dalam hal keagamaan peserta didik. Maka dari itu perlunya kegiatan rohis untuk melengkapi kegiatan pelajaran yang sudahada untuk memberikan arahan serta bimbingan untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegitan rohis terhadap sikap keagaamaan peserta didik di SMA Negeri 1 Airmadidi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian regresi linear sederhana dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini adalah kegitan rohis berpengaruh terhadap sikap keagaamaan peserta didik di SMA Negeri 1 Airmadidi. Ini dapat dijelaskan dengan nilai Fhitung >Ftabel 8,091 > 4,02 atau bisa dilihat dari taraf signifikan 0,006 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Dan hasil persamaan analisis regresi sederhana yang menunjukkan bahwa koefisien variabel kegiatan rohis pada model persamaan Y= 33,247 + 0,247 X. Hal tersebut menunjukan bahwa nilai – nilai 1 faktor yang mempengaruhi kegiatan rohis maka sikap keagamaan peserta didik akan bertambah 0,247 dapat di simpulkan bahwa semakin baik kegiatan rohis maka sikap keagamaan peserta didik juga akan semakin baik. Besarnya kontribusi kegiatan rohis dalam mempengaruhi sikap keagamaan peserta didik sebesar 11,1% dengan 88,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel dari luar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Studi Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 07:41 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:41 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1006 |
Actions (login required)
View Item |